BNSP Sertifikasi Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia di NTB

jpnn. com , JAKARTA kepala LSP Pekerja Domestik Lintas Negeri menggelar sertifikasi kompetensi Calon  Pelaku Migran Indonesia (CPMI) di Bangsal Latihan Kerja Luar Negeri Lombok Mandiri, NTB, Jumat (13/11).

Sertifikasi kompetensi tersebut diikuti CPMI yang telah melakoni latihan di skema sertifikasi Housekeeping dengan negeri tujuan Hong Kong.

Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Miftakul Azis mengatakan, program sertifikasi kompetensi kegiatan (PSKK) BNSP yang dilaksanakan sebab LSP Pekerja Domestik Lintas Kesultanan bagi CPMI tersebut sangat istimewa.

Baca Juga:

Selain untuk memenuhi persyaratan sebagai CPMI yang bisa bekerja dalam luar negeri, sertifikasi itu pula sebagai wujud pengakuan negara untuk kompetensi CPMI.

“Sertifikat kompetensi merupakan salah satu dokumen wajib untuk bisa beroperasi di luar negeri karena brevet kompetensi adalah bukti kompetensi seseorang, termasuk CPMI, ” kata Azis dalam keterangan pers, Jumat (13/11) malam.

Dia menambahkan, bagi setiap orang dengan sudah mendapatkan pelatihan kerja maka sertifikat kompetensi juga adalah sah CPMI apabila nanti dinyatakan piawai pada saat asesmen/uji kompetensi.

Baca Juga:

“Pengakuan kompetensi ini penting sebagai modal buat masuk dan bersaing dalam rekan tenaga kerja terampil / kompeten di luar negeri, ” tambahan dia.

Azis menambahkan, pekerja migran merupakan lengah satu dari lima sektor pengutamaan pemerintah.