Dorong Industri Lokal, Bea Cukai Berikan Fasilitas Gudang Berikat dan KITE IKM

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

jpnn. com , JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang melanda bermacam-macam belahan dunia memengaruhi bermacam-macam sektor penting secara ijmal, termasuk di Indonesia.

Bea Cukai memberikan fasilitas kepabeanan pada dua perusahaan yang berlokasi di Jakarta dan Karanganyar, yaitu fasilitas gudang berikat dan kemudahan impor bahan ekspor untuk industri mungil dan menengah (KITE IKM).

Gudang berikat adalah tempat penimbunan berikat untuk menimbun barang impor, dapat disertai mulia atau lebih kegiatan berbentuk pengemasan/pengemasan kembali, penyortiran, penyatuan (kitting), pengepakan, penyetelan, pengeratan, atas barang-barang tertentu di jangka waktu tertentu untuk dikeluarkan kembali.

Baca Juga:

Fasilitas ini diberikan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta kepada PT Global Buana Samudra pada 6 Mei 2021 lalu.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jakarta Decy Arifinsjah mengatakan PT Global Buana Samudra merupakan perusahaan yang bergerak di tempat distributor alat berat.

Dia menjelaskan perusahaan yang berlokasi dalam Kalideres, Jakarta Barat tersebut baru berdiri di bulan Desember 2020, tetapi telah memiliki gudang dengan merata 2. 500 meter persegi dengan dilengkapi cctv serta IT inventory yang menunjang proses bisnis perusahaan.

Baca Juga:

“PT Global Buana Sejahtera dalam menjalankan usahanya akan menyediakan alat berat untuk keperluan lokal serta luar negeri dengan supplier alat berat berasal dibanding negara Jepang dan China, ” ujarnya dalam data resmi pada Selasa (11/5).

Decy mengatakan izin fasilitas gudang berikat, perusahaan atau pelaku usaha akan mendapatkan laba berupa penangguhan bea masuk serta kemudahan operasional yang lain.