Inilah Jenis Kemampuan Pasukan Khusus TNI yang Dikirim ke Poso

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

jpnn. com , PEMUKUL – Pasukan khusus  TNI dikerahkan untuk memburu kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang diduga telah melakukan pembunuhan terhadap 4 orang dalam satu keluarga dalam Lembantongo, Kecamatan Palolo, Kabupaten Suluh, Jumat (29/11/2020).

Para pelaku juga melakukan pembakaran beberapa sendi warga.

Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf, optimis pasukan istimewa TNI yang diturunkan mampu menumpas gerombolan bersenjata Ali Kalora dengan memimpin MIT Poso.

Baca Juga:

“Pasukan dengan datang mereka terdiri dari Kostrad dan Marinir yang mempunyai kepakaran intel dan tempur, ” cakap Makruf, di Palu, Selasa (1/12).

Ia mengutarakan kedatangan tim elit TNI tersebut untuk mengefektifkan pengejaran, pencarian serta penumpasan terhadap gerombolan bersenjata dengan menebar teror dan kerap beraksi di luar batas perikemanusiaan terhadap korban-korbannya terhadap warga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Gerombolan ini diketahui menerapkan taktik gerilya hutan dan berlarut sehingga hal ini harus dihadapi dengan kekuatan militer yang memiliki kualifikasi kontra-gerilya hutan dan intelijen.

Baca Juga:

Markas Besar TNI telah beberapa tahun terakhir memiliki Komando Berdiam Khusus yang dipimpin seorang mayor jenderal.

Organ ini merupakan komando operasi dalam bawah panglima TNI yang terdiri dari satuan-satuan pasukan khusus ke-3 matra TNI yang siap dikerahkan sesuai perintah panglima TNI.