Jamkrindo Berbagi Tips ‘Survive’ untuk UMKM, Simak Nih!

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

jpnn. com , JAKARTA – PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) berbagi tips bagi karakter UMKM untuk bisa bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Divisi Manajemen Efek dan Pemeringkatan UMKM, Konsultasi Manajemen (PUKM) Jamkrindo Ceriandri Widuri mengatakan pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak moneter tetapi secara keseharian.

“Aktivitas oleh sebab itu terbatas. Maka perlu tersedia kreativitas, ” katanya, dalam konferensi pers virtual “UMKM Berdaya Saing Global Berkolaborasi Tingkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional” di Jakarta, Rabu (9/6).

Mengaji Juga:

1. Memakai digital marketing

BUMN penjaminan kredit tersebut menyatakan UMKM  harus berinovasi dengan mengarah aspek digital marketing.

“UMKM dengan tidak merespons ini dan tetap menjalankan business as usual tentu akan terbebani fixed cost (dari kos sewa) tapi pendapatannya tak ada karena pengunjung & mobilitas dibatasi, ” katanya.

Ceriandri pun mendorong UMKM buat memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk mereka. Terlebih saat ini sudah penuh platform e-commerce tersedia.

Baca Pula:

2. Jaga kepercayaan konsumen

Selain itu, cakap Ceriandri, untuk menjaga kepercayaan pasar, UMKM juga menetapkan menjaga kualitas produk. Terlebih di pasar bebas serupa saat ini, dikhawatirkan banyak pelaku usaha lain yang mungkin memproduksi barang serupa.

“Maka perlu diciptakan keunggulan kompetitif, keunggulan produk, kemudian dipromosikan, ” ujarnya.